Jumat, 01 Mei 2015

Keseimbangan Benda Tegar (Titik Berat)

Pengertian Titik Berat atau Pusat Gravitasi
Suatu benda tegar dianggap tersusun dari banyak partikel karenanya gaya gravitasi bekerja pada tiap-tiap partikel tersebut. Dengan kata lain, setiap partikel mempunyai beratnya masing-masing.Titik berat suatu benda adalah suatu titik pada benda tersebut atau di sekitar benda tersebut di mana berat semua bagian benda terpusat pada titik tersebut.
Titik berat-1
Apabila suatu benda homogen (kerapatan sebagian benda sama atau benda tersusun dari bahan sejenis) dan bentuk benda simetris (misalnya persegi, persegi panjang, lingkaran) maka titik berat benda berhimpit dengan pusat massa benda yang terletak di tengah-tengah benda tersebut. Untuk segitiga, pusat massa terletak pada 1/3 h, di mana h = tinggi segitiga.

Titik berat-2
Rumus Titik Berat
Jika bentuk benda simetris dan benda homogen maka titik berat berhimpit dengan pusat massa benda, di mana titik berat dan pusat massa terletak di tengah-tengah benda tersebut. Sebaliknya jika benda homogen tetapi tidak simetris maka posisi titik berat benda dapat ditentukan menggunakan rumus berikut :
Keterangan :
x = titik tengah benda pada sumbu x, y = titik tengah benda pada sumbu y, A = luas benda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar